Tribratanews.kepri.polri.go.id – Pada hari Sabtu tanggal 11 Nopember 2017 sekira pukul 09.00 wib bertempat di Rupatama Polres Karimun telah dilaksanakan Pelatihan Cyber Troops Polres Karimun, Kegiatan Pelatihan dipimpin oleh Waka Polres Karimun KOMPOL I GEDE NGURAH JONI MAHARDIKA, SH, S.I.K yang dampingi Ketua Batam Anti Hoax Sdri. MARTIN MARIANI, ST, Ketua Kariclick.com Muhammad Rasyid Nur.

Adapun yang bertindak sebagai narasumber pemberi materi pelatihan Blogger Karimun Kariclick.com Sdr. NARNO dan dari Batam Anti Hoax Sdri DEWI SOCOWATI.

Pelatihan tersebut diikuti oleh para Kabag, Kasat, Kapolsek, dan anggota Cyber troops Polres Karimun, yang dihadiri lebih kurang 40 personil polres Karimun, 3 orang tim Kariclik Bloger Karimun dan 7 orang Komunitas Bantax.

Adapun materi yang disampaikan dari komunitas Batam Anti Hoax Sdri DEWI SOCOWATI bahwasanya Bantax (Batam Anti Hoax) berdiri di Batam pada Desember tahun 2016, Hoax adalah informasi yg direkayasa untuk menutupi informasi yg sebenarnya, Hoax merupakan produksi dari negara asing untuk memecah belahkan suatu negara, Bahaya Hoax yaitu pembunuhan karakter, penipuan, perselisihan, kekacauan & kerusuhan, mengancam NKRI & perang.

Hoax ini dibuat dengan motif antara lain uang, ideologi, politik, kebencian ataupun hanya iseng-iseng. Ciri-ciri akun yg berpotensi menganggu stabilitas kamtibmas yaitu Hate Speech, Hoax, Provokatif, Propaganda, Sumber tidak jelas, Adu domba, Agitatif, Pro teroriame, Pro Radikalisme, Anti pancasila dan pemerintahan yg SAH. Komunitas Bantax juga menyampaikan cara-cara men Take Down berita yang ada dimedia sosial, jumlah akun yang mentakedown harus minimal 40% dari jumlah follower dari sasaran takedown.

Sedangkan dari komunitas blogger karimun menyampaikan tentang cara-cara membuat artikel ato berita diwebsite ataupun diblog, Sdr Narno juga memaparkan website www.kariklick.com yaitu website yang dibuat untuk membangun opini-opini diwilayah Kabupaten Karimun. Website ini dibuat untuk umum jadi setiap personil Polres Karimun ataupun masyarakat yang mau membuat artikel ataupun berita sekitaran Karimun dibuka untuk umum.


Dipenghujung kegiatan Waka Polres Karimun juga menyampaikan agar personil Cyber Troop Polres Karimun bisa melakukan Takedown terhadap akun-akun penyebar Hoax, bisa lebih bijak dalam melakukan share terhadap berita yang ada pada media sosial & agar personil Polres Karimun dan Polsek Jajaran bisa menulis berita di Bloger Kariklick, dengan tujuan berita tersebut dapat dibaca luas oleh masyarakat Karimun.

 

 

Penulis :Harpen

Editor   :Tahang