Tribratanews.kepri.polri.go.id-Memaksimalkan peran Bhayangkara Pembina Kamtibmas atau yang sering dikenal masyarakat pada umumnya “Bhabinkamtibmas” merupakan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang bertugas melakukan pembinaan terhadap warga masyarakat yang menjadi tanggung jawabnya untuk dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum dan ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan perundang -undangan yang berlaku dan juga merupakan petugas Polmas di Desa/Kelurahan.

Dikelurahan Kampung Seraya Kecamatan Batu Ampar Kota Batam, masyarakat sangat kenal dan tidak asing lagi dengan kehadiran Bripka Tohir yang merupakan Bhabinkamtibmas Kampung Seraya. Sebagai ujung tombak Polri pada kelurahan tersebut, Bripka Tohir selalu berupaya mencegah berkembangnya tindak krimanal di lingkungan masyarakat khususnya wilayah Kelurahan Kampung Seraya.

Sebagai abdi Negara tentunya Bripka Tohir selalu bersinergi dengan Babinsa alias Bintara Pembina Desa TNI AD merupakan satuan teritorial TNI AD yang berhadapan langsung dengan masyarakat, yang tentunya dikenal masyarakat kelurahan Seraya yakni Serda Imam Muddin.

Inilah sinergitas TNI dan Polri pada tingkat desa/ kelurahan.  Dengan perannya selaku mediator, negosiator, dan fasilitator dalam penyelesaian masalah. Bripka Tohir dan Serda Imam selalu berupaya untuk mencapai kesepakatan damai serta mufakat sesuai dengan hukum yang berlaku terhadap suatu permasalahan yang terjadi.

Dalam tugasnya sehari- hari , Bripka Tohir dan Serda Imam selalu berkoordinasi dengan lurah, RT, RW, Toga, Tomas dan Todat dalam rangka menjalin silaturahmi guna menjaga lingkungan dan saling memberikan informasi terhadap permasalahan yang terjadi agar lingkungan  tetap aman dan nyaman.

Tidak hanya menjaga keamanan lingkungan, Bripka Tohir dan Serda Imam juga merangkul masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan cara saling bergotong royong dan bahu membahu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Seperti membuat gorong- gorong disaluran parit sekitar area bengkong bengkel dalam rangka mengantisipasi genangan air terhadap curah hujan yang cukup tinggi.

Masyarakatpun mengapresiasi kinerja TNI dan Polri yang rukun dan solid dan menuai banyak kesan dimata masyarakat.

Penulis : Yolan

Editor   : Edi

publish  : Tahang