Tribratanews.kepri.polri.go.id – Provinisi Kepulauan Riau hari ini menerima kunjungan kerja Badan Legislasi DPR RI Dalam rangka pemantauan & peninjauan UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika bertempat di Gedung Graha Lancang Kuning Polda Kepri , Rabu (4/10).

Adapun maksud dan tujuan kunjungan kerja ini adalah untuk menjaring aspirasi/masukan dari para pemangku kepentingan di Daerah terkait pelaksanaan UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, baik untuk mengetahui apakah pengaturan mengenai Narkotika serta penegakan hukumnya dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan perundang-undangan.

Sebagai tuan rumah, Polda Kepri menyambut kedatangan Badan Legislasi DPR RI dan para tamu undangan diantaranya Gubernur Provinsi Kepri, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Kepala Kanwil Hukum dan Ham Provinsi Kepri, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepri, Wakapolda Kepri, Irwasda Polda Kepri, para PJU Polda Kepri,Kepala Kanwil Dirjen Bea dan Cukai Kepri dan jajaran Forkopimda Kepri.

Hadir sebagai ketua Tim kunjungan kerja Badan Legislasi DPR RI Firman Soebagyo, SE., MH. beserta rombongan.

Dalam kata sambutan Kapolda kepri memberikan sedikit gambaran tentang pelaksanaan tugas Polda Kepri dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba (penegakkan hukum) di wilayah Kepri.

“Sebagai konsekuensi dari posisi geografis, wilayah kepulauan dan perairan yang berbatasan dengan negara lain dan provinsi lain maka terdapat beberapa potensi ancaman dan gangguan kejahatan yang terjadi,”Tutur Kapolda Kepri.

Dalam upaya mengantisipasi terjadinya pelanggaran batas wilayah negara dan gangguan keamanan lainnya maka Polda Kepri berkoordinasi dan bekerja sama dengan TNI, Bakamla, Bea dan Cukai yang bertugas di wilayah Kepri dalam bentuk patroli dengan melibatkan masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut Ketua Tim kunjungan kerja Badan Legislasi DPR RI Firman Soebagyo, SE., MH menyampaikan bahwa Badan Legislasi telah membentuk 3 (tiga) tim kunjungan kerja yaitu ke Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Sulawesi Selatan, dan Provinsi Papua.

“Dengan digelarnya forum ini di provinsi Kepri, besar harapan kami akan banyak tanggapan dan masukan dari bapak/ibu sehingga dapat dijadikan bahan dalam rangka penyempurnaan dan perbaikan UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika maupun untuk meningkatkan efektifitas pelaksanaan uu tersebut dalam memberantas penyalahgunaan narkotika di masyarakat,”Jelasnya.

Kegiatanpun dilanjutkan dengan paparan oleh DPR RI dan BNN Provinsi Kepri serta diskusi dan tanya jawab.

Penulis : Yolan

Editor   : Edi

Publish : Tahang