Tribratanews.kepri.polri.go.id – Sebanyak 227 orang siswa DIKTUKBA SPN Polda Kepri TA. 2017 melaksanakan materi pembelajaran SAR ( Search and Rescue ) dengan pelatih Satbrimob Kepri.

Kegiatan SAR dengan waktu pembelajaran sebanyak 60 JP tersebut di bagi kedalam beberapa materi diantaranya Kegiatan bantuan SAR, PPGD (pertolongan pertama gawat darurat), Kemampuan dasar perorangan, Halang rintang, Mountainering dan Lintas Medan.

Tujuan pembelajaran kegiatan SAR ini untuk membina kesamaptaan / kesiapsiagaan atau kemampuan fisik perorangan siswa dalam melewati rintangan buatan dan rintangan alam. Latihan ini di berikan bagi Siswa dalam rang membentuk Polisi yang siap setap saat termasuk pertolongan kepada masyarakat di wilayah-wilayah pesisir kelak apabila mereka telah resmi menjadi anggota Polri.

Selain memberikan keterampilan pertolongan pertama terhadap jiwa ( korban ) secara cepat tepat dan benar, kegiatan SAR ditujukan untuk melakukan pertolongan dalam bentuk kegiatan mencari dan penyelamatan atau SAR.

Dengan adanya kegiatan SAR ini diharapkan para siswa dapat memahami SAR dasar, serta mampu memberikan pertolongan pertama gawat darurat, dan mampu melaksanakan kegiatan SAR, menguasai kemampuan dasar perorangan, mampu dan trampil melaksanakan giat Mountainering, mampu melewati Halang Rintang dan mampu mengikuti /melaksanakan Lintas medan.

Penulis : Yolan

Editor  : Edi

Publish : Tahang