Tribratanews.kepri.polri.go.id – Untuk mengetahui terkait aturan tentang prosedur dan proses penyadapan yang benar, Bertempat di Rupatama Polda Kepri hadir Tim Legislasi Penyusunan Draf Rancangan Undang-undang Tentang Penyadapan, Selasa (12/9).
Pada pertemuan tersebut, turut hadir Wakapolda Kepri mewakili kapolda kepri dalam kegiatan Penyusunan Naskah Akademik Dan Draf Rancangan Undang-Undang Tentang Penyadapan.
Mewakili Kapolda Kepri, Wakapolda Kepri menyampaikan dalam kata sambutannya terkait pentingnya penyadapan untuk mengungkap kasus tindak pidana.
“Searah dengan modernisasi dan perkembangan teknologi yang sangat pesat,  penyadapan yang merupakan salah satu teknik untuk mendapatkan informasi  sebagai salah satu upaya  dalam keberhasilan kepolisian negara republik indonesia dalam mengungkap suatu kasus tindak pidana,”Tutur Wakapolda.
Jika dibandingkan dengan Negara yang iklim demokrasinya telah mapan seperti Amerika Serikat atau Negara-negara di Benua Eropa, perdebatan mengenai penyadapan atau dalam bahasa inggris disebut Telephone Tapping atau Lawful Interception Versus Hak Privasi warga Negara ternyata telah eksis puluhan tahun silam.
“Prinsipnya, negara-negara tersebut memperkenankan praktik penyadapan untuk tujuan tertentu tetapi dengan kontrol yang super ketat. penyadapan hanya boleh dilakukan atas seizin pengadilan jika dianggap bukti-bukti lain tidak akan mampu membuktikan adanya suatu tindak pidana. kecuali di jerman, hanya penyadapan yang dilakukan atas seizin otoritas terkait yang dapat dijadikan alat bukti di persidangan,”Jelas Wakapolda membacakan kata sambutan Kapolda Kepri.
Oleh karena itu Tim Legislasi penyusunan draf rancangan undang-undang tentang penyadapan yang diketuai oleh  Mardisontori,S Ag.,LLM hadir ditengah-tengah kita untuk mengadakan diskusi terkait aturan-aturan yang mengatur tentang prosedur dan proses penyadapan sehingga penyelidik/penyidik polri dapat memanfaatkan data informasi untuk kepentingan penegakan hukum dengan melalui prosedur yang benar.
Adapun dalam kegiatan tersebut hadir diantaranya Irwasda Polda Kepri, Para pejabat utama Polda Kepri dan para personil Polda Kepri.
Penulis   : Yolan
Editor      : Edi
Publish    : Tahang