Tribratanews.kepri.polri.go.id – Ditresnarkoba Polda Kepri pagi tadi menggelar pemusnahan  barang bukti narkoba hasil pengungkapan 2 kasus. Barang bukti yang dimusnahkan yakni 505 gram sabu dan 73.53 gram serbuk ekstasi.

Pemusnahan dilakukan di Ruang Opsnal Ditresnarkoba Polda Kepri dan dihadiri Wadir Ditresnarkoba, Kasat Narkoba Polresta Barelang, Kejaksaan Negeri Batam, Pengadilan Negeri Kota Batam, BP POM Batam, Pengacara TSK, Ormas Granat dan para awak media.

Wadir Ditresnarkoba Polda Kepri AKBP Hernowo Yulianto,S.IK mewakili Dir Narkoba Polda Kepri Kombes Pol. Helmy Santika, SH, S.IK, M.si, menerangkan dalam pemusnahan ini petugas juga menyisihkan barang bukti untuk uji Puslabfor Polri cabang medan yakni 24 gram sabu dan 10 gram ekstasi. sedangkan untuk pembuktian dipengadilan sabu sebanyak 1 gam dan ekstasi sebanyak 2 gram.

Berawal dari laporan masyarakat yang mengetahui bahwa ada pria yang memiliki dan menyimpan Narkoba, Polisipun langsung melakukan penyelidikan. Dari 2 Laporan Polisi yang diterima kedua tersangkapun berhasil diamankan beserta barang bukti.

Dalam hal tersebut tersangka SA yang kedapatan miliki 530 gram ganja dikenakan Pasal 114 ayat (1) JO pasal 111 ayat (1) undang-Undang Republik Indonesia No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

sedangkan tersangka HD yang kedapatan miliki 94.98 gram ekstasi dikenakan Pasal 114 ayat (2) JO pasal 112 ayat (2) undang-Undang Republik Indonesia No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan atau Pasal 62 undang-Undang Republik Indonesia No. 5 Tahun 1997 Tentang Psikotroprika dan atau Pasal 196 JO Pasal 197  undang-Undang Republik Indonesia No.36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

Adapun kedua tersangka diancam humkuman paling singkat 6 Tahun dan paling lama hukuman pidana mati atau seumur hidup.

Penulis : Yolan

Editor   : Edy

Publish : Tahang