Tribratanews.kepri.polri.go.id – Pasca pemilihan umum (Pemilu) legislatif dan presiden tahun 2019 pada tanggal 17 April 2019 lalu, masyarakat Kabupaten Bintan sepakat bahwa pesta demokrasi tersebut berjalan aman, damai, sejuk, dan kondusif.

Bertempat di Aula Kantor Bupati Bintan, Selasa (30/4/2019) pukul 14.50 wib dilaksanakan kegiatan kegiatan silaturahmi dan deklarasi dalam rangka mewujudkan Kabupaten Bintan yang aman dan damai Pasca Pemilu 2019.

Acara yang diselenggarakan oleh Bupati Bintan tersebut turut dihadiri oleh Sekda Bintan Drs. Adi Prihantara, MM, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK, M.Si, Kejari Bintan Sigit Prabowo, SH.MH, Dandim Bintan Letkol Inf IG Putu Winangsa, Ketua KPU Bintan Ervina Sari, Se, Ketua Bawaslu Bintan Febriadinata, ST, Para OPD Bintan, Perwakilan Partai Politik, Perwakilan Ormas dan Tokoh Masyarakat dengan jumlah keseluruhan 100 orang.

Dalam sambutannya, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK, M.Si mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bintan, karena telah menginisiasi kegiatan silaturahmi ini berjalan dengan sempurna serta terimakasih kepada masyarakat Bintan karena pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Bintan dapat berjalan aman dan kondusif.

“Sampai saat ini Polres Bintan dan TNI masih melaksanakan pengamanan Rekapitulasi Suara di PPK Bintan Timur yang dimungkinkan selesai hari ini, dan perlu diketahui Masyarakat bahwa setiap pergerakan Logistik, TNI Polri selalu mengawal sampai ke KPU Bintan,” ujar Kapolres Bintan.

Kapolres Bintan menjelaskan bahwa dari 428 TPS, saat ini tinggal 9 TPS lagi yang masih melaksanakan rekapitulasi suara yaitu di PPK Bintan Timur. Menurutnya, Deklarasi Damai ini sangat penting, seperti yang kita ketahui bersama situasi politik saat ini lumayan panas, untuk itu kegiatan ini sebagai salah satu cooling sistemnya.

“Perbedaan pilihan hal yang wajar, namun janganlah perbedaan tersebut menimbulkan permusuhan dan perselisihan antar sesama, mari kembali bersatu dengan mempererat tali silaturahmi demi terwujudnya Bhineka Tunggal Ika dan menjaga NKRI yang kita cintai,” pungkasnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengucapan Deklarasi Bersama dalam mewujudkan Kabupaten Bintan yang aman dan damai Pasca Pemilu 2019 oleh Unsur FKPD, Perwakilan Partai Politik, Ormas yang dipandu oleh H. Apri Sujadi, S.Sos (Bupati Bintan) sebagai berikut :

Kami Pimpinan FKPD Kabupaten Bintan beserta Peserta Pemilu dan seluruh Komponen Masyarakat Bintan dengan ini menyatakan :

(1). Mengapresiasi semua pihak yang telah ikut membantu atas terselenggaranya Pemilu 2019 yang aman damai dan sejuk di Kabupaten Bintan

(2). Menolak segala tindakan inskontitusional dalam bentuk apapun yang dapat menyulitkan semua pihak.

(3). Apabila terjadi permasalahan, kami akan menyelesaikan sesuai dengan Peraturan Peraturan Perundang – undangan yang berlaku.

(4). Sepakat menunggu dan menyepakati hasil keputusan KPU RI serta tetap menjaga keamanan, ketertiban selama proses Penghitungan suara oleh KPU.

Selanjutnya, penandatanganan Berita Acara kesepakatan oleh Tim Pemenangan TKN yang diwakili oleh Sdr Indra Setiawan, S.ST dan Tim Pemenangan BPN diwakili oleh ibu Zahara serta disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir.