Tribratanews.kepri.polri.go.id  – Pengertian dari narkoba yaitu Adalah bahan/zat aktif yang mempengaruhi kondisi kejiwaan/psikologis seseorang (pikiran, perasaan dan perilakunya) serta dapat menimbulkan ketergantungan secara fisik maupun psikologis, hal yang dapat dilakukan agar terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkoba yaitu antara lain :

  1. Dapatkan informasi mengenai bahaya Narkoba dari koran, majalah, seminar, dll.
  2. Jangan pernah mencobanya walau iseng atau alasan lain, kecuali perintah dokter atau alasan medis.
  3. Kuatkan imam, mantapkan pribadi, pakai rasio dan persiapkan mental untuk menolak jika ditawarkan.
  4. Belajar berkata “TIDAK”, kalau mendapat tawaran Narkoba. Siapkan alasan yang dapat dipakai, dan alihkan pembicaraan jika kamu mulai disudutkan. Namun, bila teman terus memaksa, segera tinggalkanlah tempat itu. Carilah teman baru yang ””bersih”” dari Narkoba.
  5. Jangan menghindar dari problem, tapi hadapi dan atasi persoalan sampai tuntas, bila tak mampu konsultasi pada ahli.
  6. Selalu berusaha menjadi pribadi yang baik, bertanggungjawab.
  7. Milikilah cita-cita dalam hidup,sehingga hidupmu akan memiliki arah.
  8. Lakukanlah kegiatan positif yang dapat menolong kamu untuk menjadi lebih mandiri, percaya diri, serta menyalurkan hobi serta berprestasi.

Ingat ya para orangtua, kita tak selalu bisa mengawasi mereka selama 24 jam. Kita tak bisa selalu berada di dekatnya. Maka berikan mereka kepercayaan dan katakan bahwa kepercayaan itu jangan sampai disalahgunakan. So, sirami mereka dengan kasih sayang dan kebaikan setiap harinya. Hal ini akan menjadi pegangan yang kuat bagi mereka untuk tidak terjerumus dalam hal yang menyesatkan.

Jangan lupa, anak-anak dan remaja adalah harapan bangsa. Dan dimulai dari keluargalah mereka akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang bermanfaat.

Penulis :Susi
Editor   : Tahang
Publish : Tahang