Tribratanews.kepri.polri.go.id – Berkali-kali rakyat Indonesia harus sadar bahwa kampanye politik dan janji-janji yang dibuat oleh para calon itu tidak berbeda dengan iklan! Semuanya dibuat sedemikian rupa untuk menarik minat para pemilih, tetapi setelah pemilu selesai, maka pemenangnya dengan berbagai cara akan mengutamakan partai-partai atau organisasi-organisasi pendukungnya! Sedangkan janji-janji manis kalau bisa diingkari dengan berbagai cara, dan biasanya dengan menyalahkan pihak lain.

Kampanye sama dengan program kerja, butuh proses yang melibatkan jangka waktu yang panjang, kontinuitas dan konsistensi. Yang menjadi tujuan utama dari kempanye adalah pencitraan. Kampanye merupakan kegiatan peserta pemilu dengan tujuan untuk meyakinkan para pemilih dengan menawarkan visi, misi dan program peserta pemilu ( Pasal 1 angka 26 UU Nomor 10 tahun 2008). Kampanye adalah sebuah istilah yang digunakan pada saat pemilu dan menonjolkan kelebihan program peserta pemilu.

Sedangkan Iklan berguna untuk mengkomunikasikan gagasan-gagasan dan produk- produk politik melalui media massa tertentu oleh kontestan tertentu. Bertujuan untuk menyampaikan informasi, meningkatkan ketanggapan seseorang pada suatu kandidat dan mempersuasi publik.

Iklan merupakan sarana atau media yang dipakai/digunakan kampanye untuk mempublikasikan visi, misi dan program peserta pemilu, Iklan muncul sebagai media publikasi perta-tama ditujukan untuk mendukung kegiatan komersial produsen, biasanya berupa pengenalan produk, informasidan menarik calon konsumen untuk membeli produknya. Iklan mencakup seluruh produk yang dapat dipublikasikan tanpa terkecuali. Faktor terpenting dalam mendukukung popularitas seorang figur atau aktor politik, terutama pada calon incumbent. Calon incumbent memang memiliki banyak kelebihan dan posisi strategis, di samping legitimasi birokratis yang masih disandang. Pemanfaatan jabatan secara tidak langsung sebagai wahana sosialisasi (kampanye) menjadi daya tawar tersendiri dalam membangun popularitas.

Penulis : Susi
Editor   : Tahang
Publish : Tahang