Tribratanews.kepri.plri.go.id – Sahabatku yang budiman, rasa-rasanya kita yang hidup pada zaman “Now”, akan susah untuk terelpas dari konikasi didunia maya (medsos/ sosmed).Nah, sedikit tips tentang bagaimana Netiquette yang merupakan singkatan internet ethiquette, atau etika dalam berinternet atau setidaknya prilaku kita yang baik dalam bermedsos yang dikutip dari Virginia Shea (Netiquette by Virginia Shea, published by Albion Books, San Francisco ©1994 Virginia Shea) dalam bukunya yg berjudul The Core Rule of Netiquette, berikuti ini kami jabarkan apa saja etika dalam menggunakan internet, terutama media sosial.

  • Remember the human (Ingat pembaca postingan Anda adalah manusia)

Jangan lupa, orang yang membaca email atau posting Anda adalah manusia juga yang punya perasaan –bisa tersinggung atau sakit hati. Jadi, jangan menyakiti hati orang lain. Jangan kirim email atau posting yang sekiranya mempermalukan.

  • Adhere to the same standards of behavior online that you follow in real life (Gunakan standar etika/perilaku seperti dalam kehidupan Anda sehari-hari).

Standar etika komunikasi internet sama saja dengan etika komunikasi di dunia nyata, seperti etis, menghargai pendapat orang lain, dan jangan dan melanggar hukum (breaking the law is bad Netiquette).

  • Know where you are in cyberspace (Mengetahui saluran online yang Anda Ikuti).

Setiap situs atau forum online biasanya punya aturan main. Maka, taati aturan itu. Baca dulu aturan sebelum gabung. “Intai dulu sebelum melompat” (Lurk before you leap). Sadari Anda ada di forum apa dan bagaimana.

  • Respect other people’s time and bandwidth (Hargai orang lain di grup online).

Posting pesan yang sesuai dengan grup diskusi. Jangan ajukan pertanyaan bodoh. Baca dokumen FAQ (Frequently Asked Questions) atau “Yang Sering Ditanyakan” (YSD). Jangan posting hal yang sekiranya sudah diketahui anggota grup (don’t waste expert readers’ time by posting basic information). Jika Anda tidak setuju dengan sebuah forum online, jangan buang waktu dengan “menggugat” mereka. Tinggalkan saja!

  • Make yourself look good online (Gunakan bahasa yang baik dan benar).

Cek grammar dan ejaan (tata bahasa) sebelum posting. Pahami yang Anda katakan dan pastikan ia masuk akal. Know what you’re talking about and make sense.

  • Share expert knowledge (Berbagi pengetahuan).

Bagilah pengetahuan dan wawasan Anda. Sedekah ilmu! Jawab pertanyaan yang ada jika Anda tahu.

  • Help keep flame wars under control (Kendalikan emosi).

Kendalikan emosi Anda! Jangan posting apapun dalam keadaan marah! Jangan posting atau kirim komentar yang bernada amarah tinggi! Ada pepatah: Sesuatu yang dimulai dengan rasa marah akan menghasilkan penyesalan. Jangan ragu minta maaf jika Anda keliru atau menginggung perasaan orang lain.

  • Respect other people’s privacy.

Hargai privasi orang. Jangan baca email, pesan, atau inboks pribadi orang lain. Don’t read other people’s private email.

  • Don’t abuse your power (Jangan menyalahgunakan kekuasaan).

Jangan menyalahgunakan kekuasaan. Jangan korupsi! Makin besar kekuasaan yang Anda miliki, kian penting bagaimana menggunakannya. The more power you have, the more important it is that you use it well.

  • Be forgiving of other people’s mistakes (Jadilah pemaaf).

Jika orang lain salah, maafin aja. Jangan emosi dan ngotot untuk menyalahkan orang lain yang sudah minta maaf.

Penulis : Susi

Editor : Nora

Publish : Tahang