Tribratanews.kepri.polri.go.id – Polda Kepri bersama Polresta Barelang laksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan menghadapi Pemilu tahun 2019 di Lapangan Temenggung Abdul Jamal Batam, Jumat (22/3/2019).

Apel Gelar Pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kepri dan Danlantamal IV Tanjungpinang.

Adapun arahan Kapolda Kepri Irjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K menyampaikan bahwa TNI Polri beserta Stake Holder terkait mendukung dan menjamin pengamanan Pemilu 2019 pada 17 April 2019 nanti akan berjalan dengan aman, damai, sejuk dan kondusif sampai dengan pencoblosan di TPS.

“Sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi ini sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung,” katanya.

Adapun kegiatan apel ini dilaksanakan secara serentak dan massif diseluruh wilayah Indonesia baik itu di tingkat Provinsi maupun ditingkat Kabupaten/Kota dengan melibatkan prajurit TNI-Polri dan komponen masyarakat lainnya.

“Jalin sinergitas antara unsur Pemerintah, TNI-Polri, dan seluruh komponen masyarakat guna mewujudkan keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas,” sebutnya.

Selanjutnya Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama (Laksma) TNI Arsyad Abdullah menyampaikan bahwa suksesnya Pemilu 2019 ini kita lihat dari persiapan, penyelenggaraan, dan tahap penghitungan serta tahap pengakhiran.

“Mari kita bersama menghimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam rangka mendukung suksesnya Pemilu 2019 kemudian saling bahu-membahu dan bersinergi agar dapat dilaksanakan tanpa adanya pengaruh politik uang,” ujarnya.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan ini turut dihadiri oleh Gubernur, unsur TNI Danrem 033/Wira Pratama, Dan Lantamal IV Tanjungpinang, Dan Lanud, Dan Guskamla, Dandim Batam, SKPD Provinsi Kepri, Walikota, SKPD Kota Batam, Partai Politik peserta Pemilu Provinsi Kepri dan Kota Batam, Ketua KPU dan Bawaslu Provinsi Kepri dan Kota Batam, Kabinda dan Kakanwil Kemenkumham Provinsi Kepri.

Sementara total keseluruhan Pasukan Apel sebanyak 15.743 orang yang terdiri dari Gabungan TNI Provinsi Kepri dan Kota Batam, Dit. Sabhara, Sat. Brimob, Gabungan Staf Polda Kepri, Gabungan Kompi Dit. Intelkam, Dit. Reskrim, dan Dit. Narkoba, Gabungan Kompi Polresta Barelang, dan Gabungan Instansi terkait Dishub, Satpol PP, Damkar , Basarnas, Linmas dan Senkom Kota Batam.