Tribratanews.kepri.polri.go.id – Polres Tanjungpinang melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan menghadapi pemilu tahun 2019, dengan tema “tingkatkan sinergitas TNI-POLRI dengan komponen bangsa lainya guna mewujudkan kamdagri yang kondusif serta wujudkan Pemilu Aman, Damai, Sejuk tanpa Hoax”, Bertempat dilapangan Pamedan Jalan Ahmad Yani Tanjungpinang, Jumat (22/3/2019).

Kapolres Tanjungpinang AKBP. Ucok Lasdin Silalahi, SIK.MH memimpin pelaksanaan apel berdampingan dengan Dandim 0315 / Bintan Letkol Inf.Gusti Bagus Putu Wijangsa, yang mana pelaksanaan apel gelar pasukan dihadiri oleh:

1. Walikota Tanjungpinang diwakili oleh Asisten.1 Drs. A. Hadi.
2. Dan Lanudal Letkol Laut Dani Achni Sundani.
3. Wadanwing udara Letkol Bambang Edy.S.
4. Danyon Marharlan IV Letkol Mar. Hery Setiawan
5. Ketua KPU kota Tanjungpinang Aswin Nasutian.
6. Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhammad Zaini M. Kom.
7. Ketua Pengadilan negri Tanjungpinang Admiral, SH.MH.
8. Kajari Tanjungpinang diwakili Pasi BB Idra SH.
9. Ketua Lam kota Tanjungpinang H. Wan Rafiwar.
10. Dan Lanud diwakili Pasi Pers. Mayor Wardoyo.
11. Camat, Lurah se kota Tanjungpinang termasuk Satpol PP, Satpam, Linmas, Pramuka, FKPPI, Himpunan Melayu Raya  pasukan upacara serta undangan yang hadir berjumlah 1.437 orang.

Dalam pelaksanaan apel, Kapolres Tanjungpinang membacakan amanat Menkopolhukam yang menitikberatkan pada sbb :

– Pahami bahwa tugas Pengamanan Pemilu serentak tahun 2019 merupakan kehormatan dan kebanggaan yang tidak ternilai dengan apapun sekaligus menjadi amal ibadah.

– Jalin sinergitas Pemerintah, TNI-POLRI dan seluruh komponen masyarakat guna mewujudkan keamanan dan kelancaran tugas, segera kenali, cari dan temukan serta netralisir potensi kerawanan agar tidak berkembang dan tidak mengganggu jalanya pemilu serentak 2019.

– Tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku terhadap pihak yang mengganggu kelancaran jalanya pemilu, Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus mampu ikut serta menenangkan masyarakat agar tidak resah dengan menyebarnya berita hoax serta menguatnya politik identitas yang dapat menggerus disintegrasi bangsa, inventarisir dan berkoordinasi dengan toga, todat dan tomas untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman dan tenang.

Kapolres Tanjungpinang menyampaikan bahwa pelaksanaan apel gelar pasukan ini bentuk sinergitas TNI-Polri dan seluruh komponen bangsa lainnya demi mewujudkan Pemilu 2019 yang aman dan damai. Melalui pelaksanaan apel ini, membuktikan solidnya dan sinerginya TNI-Polri serta seluruh komponen bangsa.