Tribratanews.kepri.polri.go.id – Pemilu Serentak tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah karena dilaksanakan secara serentak yakni 5 (lima) jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan. Pemilu serentak kali ini akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional terkait apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin nasionalnya. TNI dan Polri adalah institusi yang bertanggungjawab langsung terhadap pengamanan jalannya Pemilu Serentak tahun 2019. Demikianlah amanat Menko Polhukam Republik Indonesia yang dibacakan oleh Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK, M.Si saat bertindak sebagai salah satu pimpinan apel dalam acara gelar pasukan pengamanan Pemilu 2019, hari Jumat (22/03/2019).

Kepolisian Resor Bintan hari Jumat (22/03/2019) melaksanakan Apel  Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019 yang bertempat di Lapangan Sepakbola Demang Lebar Daun Kel. Kijang Kota Kec. Bintan Timur. Apel tersebut mengusung tema Meningkatkan Sinergitas TNI Polri Dengan Komponen Bangsa Guna Mewujudkan Kamdagri Yang Kondusif.

Bertindak selaku Pimpinan Apel antara lain Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK, M.Si dan Kafasharkan Koarmada I TNI AL yang diwakili Letkol Laut (T) Falatehan.

Sebagai Komandan Apel yakni AKP Edy Supandi, SH, Kasat Samapta Polres Bintan sementara peserta apel berjumlah ± 1300 orang terdiri dari unsur TNI antara lain TNI AD, TNI AL dan TNI AU, kemudian dari unsur Polri terdiri dari Polres Bintan dan Batalyon B Pelopor Satbrimobda Kepri, dilanjutkan personil Linmas, Satpol PP, Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda, Satuan Pengamanan serta Pramuka Saka Bhayangkara.

Tampak hadir dalam acara tersebut yakni Wakapolres Bintan Kompol Dandung Putut Wibowo, SIK, MH, perwakilan unsur pimpinan TNI di Kab. Bintan antara lain dari Kodim 0315/Bintan, Satuan Kapal Cepat dan Satuan Kapal Ranjau Koarmada I TNI AL, Satuan Radar 213 TNI AU Bintan, Kajari Bintan (diwakili Kasi Pidum), Ketua KPUD dan Ketua Bawaslu Bintan, Camat se Kab. Bintan, pimpinan instansi vertikal, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta Pejabat Utama dan Kapolsek jajaran Polres Bintan.

Dalam kegiatan tersebut ikut juga dihadirkan kendaraan dinas Polri berupa sedan patroli, sepeda motor, rantis AWC dan mobil ambulance serta kendaraan dinas milik Pemkab Bintan antara lain mobil Damkar dan kendaraan dinas patroli Dinas Perhubungan Kab. Bintan.

Sementara itu rangkaian acara yang dilaksanakan antara lain pemeriksaan pasukan oleh Pimpinan Apel kemudian penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan TNI, Polri dan Linmas yang dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Bersama Pengamanan Swakarsa oleh perwakilan Satpam binaan Polres Bintan.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK, M.Si mengatakan dalam melaksanakan pengamanan Pemilu 2019 ini diharapkan kepada unsur TNI Polri selalu bersinergi dengan melibatkan seluruh komponen bangsa agar terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, sementara Kafasharkan Koarmada I TNI AL (diwakili) menyampaikan bahwa berbeda pilihan itu boleh namun jangan sampai bangsa dan negara ini terpecah karena pesta demokrasi 2019, kemudian ditambahkan oleh Bupati Bintan bahwa kita semua warga masyarakat Kab. Bintan wajib untuk mensukseskan Pemilu 2019, hindari dan waspadai segala bentuk ujaran kebencian dan berita Hoax serta politik yang berimplikasi memecah belah bangsa. (ary)