Tribratanews.kepri.polri.go.id/Polres Natuna -Bertempat di Gedung Serbaguna Sri Serindit, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Pengurus Perhimpunan Melayu Raya Kabupaten Natuna, resmi ditabalkan atau dikukuhkan oleh Pembina Utama Melayu Raya Brigjen Pol . Drs. H. Yan Fitri Halimansyah, MH , pada Jum’at (15/03/2019) malam.

Dalam Penabalan ini, Wan Siswandi(Seketarris Daerah Natuna)  diberikan mandat sebagai Koordinator Wilayah (Korwil) Perhimpunan Melayu Raya Kabupaten Natuna.

Kegiatan Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan selanjutnya doa bersama yang dipimpin oleh ustad Mustofa Sis, dan dilanjutkan persembahan gurindam 12.

Mengusung tema “Tak Kan Melayu Hilang di Bumi Kami Bertuah, Negeri Beradat Kita Semua Bersaudara’ pengukuhan ditandai dengan penyerahan pataka, dari Pembina Utama Melayu Raya Kepri.

Sambutan ketua korwil Perhimpunan Melayu Raya Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, mengucapkan terima kasih kepada Wakapolda Kepri selaku pembina utama, telah hadir guna mengukuhkan dan atau meresmikan pengurus perhimpunan Melayu Raya kabupaten Natuna.

” atas ijin Allah SWT dan rasa semangat kebersamaan Perhimpunan Melayu Raya dapat terbentuk di kabupaten Natuna saya ucaapkan terima kasih tanpa terkecuali kepada seluruh tamu undangan yang hadir.” Ujar Sekda Natuna Wan Siswandi

Selain itu  Dalam sambutannya Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah mengatakan, bahwa Perhimpunan Melayu Raya ini, dibentuk untuk menyatukan antar suku, ras, agama, budaya dan golongan. Kata dia, perhimpunan ini untuk memberikan kontribusi terhadap masyarakat dan daerah.

“Dengan adanya Perhimpunan Melayu Raya Natuna dapat  menjadi wadah persaudaran pemersatu bangsa serta mampu merangkul semua Ras Suku dan Agama di Kabupaten Natuna.” Ucap Wakapolda Kepri

Wakpolda Kepri juga menjelaskan, bahwa perhimpunan tersebut didirikan agar dapat menghargai nilai-nilai kearifan lokal, bagi semua anak bangsa yang ada di Kepri. Dalam rangka untuk menciptakan suatu perubahan sosial, baik

“Melayu identik dengan tata keramah dan sopan santun yang tinnggi sehingga semoga Perhimpunan ini diharapkan menjadi garda terdepan dalam menciptakan rasa aman, damai di wilayah perbatasan Indonesia,” harap Jenderal Bintang Satu tersebut.

“dan Mengharapkan untuk bersama-sama memerangi berita Hoax dan Fitnah khususnya di Wilayah Kepri yang dapat memecah persatuan bangsa.” Tutupnya dengan mengucapkan “Siapa Kita..Indonesia, dimana kita.. Melayu Raya, Melayu Raya..Kita bersaudara.(Yel Yel Melayu Raya)

Sementara itu Sambutan Pembina Melayu Raya Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M. Si Mengharapkan dengan adanya Perhimpunan Melayu Raya Korwil Natuna dapat menjadi Instrumen strategis mendukung pembangunan daerah dan meningkatkan persatuan, persaudaraan  dalam kerangka pelaksanaan kearifan lokal yang harus senantiasa dijunjung tinggi

Ia pun berharap, agar perhimpunan yang baru saja dibentuk di daerah yang terletak diujung utara NKRI itu, tidak menjadi alat untuk berpolitik bagi suatu kelompok dan golongan.

“Perhimpunan Melayu Raya harus netral, jangan ada muatan politik didalamnya. Karena sesuai tujuan awalnya, yaitu untuk mempersatukan antar kelompok atau golongan,” pesan Hamid Rizal, yang juga merupakan salah seorang Pembina Melayu Raya Natuna.

Adapun structural dari Melayu Raya Kabupaten Natuna antara lain Pembina Melayu Raya : Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M. Si,Korwil Natuna : Wan  Siswandi S. Sos ,Ketua Balai : Ridwan Chairuddin, Sekretaris : Allazi Ibadi, Bendahara : Idham Khalid

Selain Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, bahwa Ketua DPRD Natuna Yusripandi, Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Ketua MUI Natuna H. Mustapa Sis, Ketua LAM Natuna Wan Zawali serta beberapa pimpinan FKPD lainnya, juga merupakan Pembina Melayu Raya Natuna.

Kegiatan diakhiri dengan dilakukan penyerahan cinderamata mata kepada pembina utama yaitu Wakapolda Kepri Drs.H.Yan Fitri Halimansyah,MH oleh bupati Natuna.

Acara di hadiri, Wakapolda Kepri, Bupati Natuna, Ketua DPRD Natuna Yusripandi, Wakil Ketua Hadi Candra, dan ketua Komisi 1 Wan Sofian,  Sekda Natuna, Kapolres Natuna AKBP Dwi Karyanto,SIK, Dan Lanud Raden Sadjad Kolonel (Pnb) Halim Prasetya, dan FKPD lainnya, Ketua LAM Wan Zauwali, Ketua MUI, Tokoh adat, Ketua AJOI Natuna Roy Parlin Sianipar beserta jajaran pengurus, FKPPI, KOMUNA, Masyarakat, dan serta tamu undangan lainnya yang menghadiri. Acara berjalan tertib, aman dan lancar.