Tribratanews.kepri.polri.go.id -Aksi penjambretan menjadi tindak kejahatan jalanan yang terus berulang. Para jambret kerap kali tidak hanya menjalankan aksinya sekali dua kali, melainkan bisa sampai puluhan kali. Hal ini besar kemungkinannya karena modus yang dibutuhkan cukup sederhana, yaitu mendekati korban, merampas barang berharga milik korban lalu kabur melarikan diri.

Berkaca dari kasus di atas, jalanan yang menjadi tempat keseharian kita melakukan berbagai aktivitas tidak dipungkiri menjadi kawasan yang rawan terjadi tindak kejahatan. Khususnya tindak kejahatan dalam bentuk penjambretan ini. Ada beberapa tips yang bisa membantu Anda para pengguna jalanan untuk terhindar dari aksi penjambretan. Berikut tipsnya :

  1. Jangan Menggunakan Perhiasan Yang Mencolok.

Demi keamanan diri sendiri, disarankan untuk tidak menggunakan perhiasan yang mencolok saat sedang berpergian di tempat umum. Penggunaan perhiasan yang mencolok akan mengundang terjadinya tindak kejahatan seperti penjambretan. Perhiasan sering kali menjadi salah satu target bagi para jambret. Oleh karena itu, ke mana dan di mana pun anda berada gunakanlah perhiasan yang secukupnya saja.

  1. Hindari Lokasi Yang Rawan Tindak Kejahatan.

Lokasi yang sepi dan minim penerangan sering kali menjadi tempat yang favorit bagi jambret untuk menjalankan aksinya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk sebisa mungkin menghindari berkendara di tempat yang sepi, terutama di malam hari karena sebagian besar penjambretan terjadi di malam hari.

  1. Jangan Menggunakan Handphone Saat Berkendara.

Selain melanggar lalu lintas dan membahayakan diri sendiri dan orang lain, perilaku menggunakan handphone di jalan raya juga bisa memancing pelaku kejahatan. Pada beberapa kasus penjambretan yang terjadi, korbannya adalah pengendara motor yang menggunakan handphone saat berkendara. Oleh karena itu, jika memang ada hal penting yang harus  Anda sampaikan ke teman atau keluarga melalui telepon atau pesan singkat, disarankan untuk berhenti sejenak di tempat yang ramai.

  1. Upayakan Dalam Perjalanan Tidak Seorang Diri

Pelaku penjambretan biasanya mengintai korban yang sedang berkendara seorang diri. Karenanya, hindari berkendara seorang diri apalagi jika akan melewati tempat yang sepi. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan meminta teman atau keluarga untuk menemani Anda. Jika terpaksa harus berkendara sendiri, bisa berkendara dengan beramai-ramai bersama pengendara lain, atau dengan berjalan di belakang mobil atau kerumunan motor.

  1. Jangan Menyimpan Barang Berharga Di Dalam Tas.

Dalam beberap kasus penjambretan yang terjadi, khususnya pada wanita, tas adalah sasaran utama bagi para penjambret. Hal ini dikarenakan kebiasaan wanita yang menyimpan semua barangnya di dalam tas.

  1. Selalu Waspada Dan Amati Sekitar

Selalu waspada dan amati sekitar anda. Jika melihat ada orang yang mencurigakan mengikuti anda cobalah untuk masuk dalam keramaian dan hindari tempat sepi. selain itu, waspada dan jangan mudah percaya dengan orang yang baru kita kenal di jalan. Pada beberapa kasus penjambretan, pelaku sering menggunakan modus berpura-pura menanyakan alamat, saat korban menjelaskan dan lengah jambret langsung merampas barang berharga korban.
Penulis : Susi
Editor   : Tahang
Publish : Tahang