Tribratanews.kepri.polri.go.id -Sebentar lagi masa kampanye capres cawapres akan berakhir dan akan segera memasuki masa tenang, Apakah Larangan dan Sanksi jika masih ada yang melakukan kampanye dalam masa tenang tersebut? Sebelumnya saya akan membahas apa itu masa tenang dan Larangan serta sangki jika berekampanye pemilu pada masa tenang.

Masa tenang adalah masa yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye pemilihan umum, Bagi setiap orang yang melakukan kampanye di masa tenang, berarti telah melakukan kampanye di luar jadwal waktu yang ditetapkan oleh UU Pemilu maupun Peraturan KPU, sehingga sanksinya adalah pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp12 juta sebagaimana diatur dalam Pasal 492 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Berikut larangan-larangan yang dilakukan pada masa tenang?

Larangan Selama Masa Tenang

  1. Selama masa tenang, pelaksana, peserta, dan/atau tim Kampanye Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dilarang menjanjikan atau memberikan imbalan kepada Pemilih untuk :
  2. tidak menggunakan hak pilihnya.
  3. memilih Pasangan Calon.
  4. memilih Partai Politik Peserta Pemilu tertentu.
  5. memilih calon anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten /kota tertentu; dan/atau,
  6. memilih calon anggota DPD tertentu.

Sanksi jika melanggar larangan(-larangan) di atas yaitu pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan denda paling banyak Rp 48 juta.

Sanksi Bagi yang Melakukan Kampanye pada Masa Tenang

Bagi setiap orang yang melakukan kampanye di masa tenang, berarti telah melakukan kampanye di luar jadwal waktu yang ditetapkan oleh UU Pemilu maupun Peraturan KPU, sehingga sanksinya adalah sebagaimana disebut dalamPasal 492 UU Pemilu.

Setiap orang yang dengan sengaja melakukan Kampanye Pemilu di luar jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota untuk setiap Peserta Pemilu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 276 ayat (2), dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp12.000.000,00 (dua belas juta rupiah).

Penulis : Susi
Editor   : Tahang
Publish : Tahang