Tribratanews.kepri.polri.go.id -Narkoba memang menjadi sebuah bahaya laten yang sampai saat ini masih saja menyerang bangsa Indonesia khususnya anak muda. Berbagai macam cara sudah dilakukan oleh pihak berwajib untuk mencegah dan membasmi peredaran narkoba. Namun ternyata masih ada saja celah-celah yang bisa dimanfaatkan oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk mengedarkan narkoba. Bahkan akhir-akhir ini ditemukan adanya jenis narkoba baru yang  beredar di Indonesia. Hal ini tentu menjadi sebuah ancaman yang sangat serius khususnya bagi para generasi muda kita. Lantas apa sajakah jenis narkoba baru di Indonesia yang beredar tersebut? Berikut ini informasinya.

  1. Tembakau Gorila

Beberapa waktu yang lalu kita sempat dihebohkan dengan penemuan adanya jenis narkoba baru di Indonesia yaitu tembakau gorila. Secara tampilan memang tembakau gorila ini tidak ada perbedaan dengan tembakau biasa. Namun ternyata efek yang dihasilkan sangat berbeda dengan tembakau biasa. Tembakau gorila ini menyebabkan pemakainya melayang bahkan bisa sampai kehilangan kesadaran. Efek itu didapat hanya 2-3 kali hisap saja.

  1. Synthetic Cannabinoid

Syntetic Cannabinoid adalah narkoba yang dibuat dari sejenis tanaman asal Meksiko dan Kolombia. Penggunaan narkoba jenis ini adalah dengan cara dihisap seperti rokok, direbus dan dikunyah.

  1. Blue Safir ( 4CMC )

Blue Safir ini memiliki bentuk serbuk, bongkahan seperti garam mandi dan cairan berwarna biru. Jenis narkoba ini berasal dari sejenis semak yang ada di Afrika Timur dan Arab Selatan. Pengguna narkoba jenis ini akan mengalami halusinasi dan paranoia. Selain itu penggunanya juga akan memiliki rasa percaya diri yang berlebihan.

  1. Flakka

Jenis narkoba baru di Indonesia ini sempat menghebohkan akhir-akhir ini. Flakka adalah kapsul sintetis yang diproduksi pada tahun 2012. Orang yang menggunakan narkoba jenis ini efeknya akan menjadi seperti kehilangan ingatan. Selain itu pengguna narkoba jenis ini juga akan menjadi agresif.

  1. Minion

Nama narkoba jenis baru ini kedengarannya seperti tokoh film animasi “Despicable Me” yang identik dengan warna kuning. Memang benar demikian. Bentuk narkoba jenis ini memang dibuat menyerupai tokoh minion yang ada di film animasi “Despicable Me”. Narkoba jenis baru ini dijual dengan harga 500-600 ribu rupiah per butirnya.

Dengan informasi ini diharapkan kamu mengetahui jenis narkoba baru di Indonesia. Yang perlu diingat adalah jauhi narkobanya jangan jauhi orangnya, karena yang harus dibasmi itu adalah narkobanya bukan orangnya.

Penulis : Susi
Editor   : Tahang
Publish : Tahang