Tribratanews.kepri.polri.go.id/Polres Natuna – TNI – POLRI bersama Masyarakat dan instansi terkait melaksanakan Kegiatan bersih-bersih pantai dan laut dalam Rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2019 di wilayah Hukum Polres Natuna di Pantai Kota Tua Penagi

Hal tersebut disampaikan Kapolres Natuna AKBP Nugroho DK pada upacara pelaksanaan kegiatan bakti sosial Hari Peduli Sampah Nasional di Pantai Penagi, RT 01 /RW 012 Penagi Kelurahan Bandarsyah, Ranai, Kabupaten Natuna, Kamis (21/02) pagi.

Lebih lanjut dalam amanatnya, AKBP Nugroho juga menyampaikan sebagaimana diketahui bersama, bahwa setiap tanggal 21 Febuari sejak tahun 2006 telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari peduli sampah nasional (HSPN). Penetapan hari peduli sampah nasional merupakan untuk mengenang tragedi TPA Leuwigajah, Jawa Barat pada 21 Febuari 2005 dimana pada saat itu yang mana tumpukan sampah yang ada di TPA Leuwigajah ambrol akibat guyuran hujan.

“Sampah menggelinding sejauh hampir 1 km, bagai Tsunami yang menerjang setiap hadangan dan dalam hitungan menit hampir 150 jiwa melayang dan puluhan rumah dikampung Cilimus dan Kampung Pojok Cireudeu tertimbun sampah, maka setiap tanggal 21 Febuari diperingati sebagai hari peduli sampah nasional”, ungkapnya.

Berkaca dari insiden kelam seperti di Leuwigajah Cimahi, sampah telah menjadi permasalahan nasional sehingga pengelolaannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu hingga hilir agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan, serta dapat mengubah perilaku masryarakat yang gemar membuang sampah sebarangan.

Lebih lanjut Kapolres Natuna mengatakan bahwa pengelolaan sampah diperlukan kepastian hukum, kejelasan tanggung jawab dan kewenangan pemerintah pusat dan daerah serta peran masyarakat dan dunia usaha sehingga pengelolaan sampah dapat berjalan secara proposional, efektif dan efesien. Berdasarkan pertimbangan tersebut lahirlah Undang-undang Nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah.

“Kebersihan itu sangat penting bagi kehidupan kita, karena hidup yang berada di sekitar lingkungan yang kotor akan rentan terkena berbagai penyakit. Maka dari itu marilah tingkatkan kebersihan lingkungan yang bebas dari sampah sehingga kita dapat menjalankan kehidupan dengan penuh semangat, bergairah dan menikmati hari-hari tanpa ada rasa takut akan terkena dampak dari lingkungan kotor ataupun rasa takut akan terkena serangan penyakit” Lanjut Kapolres Natuna

Kapolres Nugroho juga menghimbau dan mengajak untuk dapat membangun kesadaran bersama untuk hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah yang Efektif, mendorong budaya bersih dan produktif ditengah – tengah masyarakat sebagai modal sosial dan menjadikan kita sebagai pelopor kebersihan bagi masyarakat.

Disela kegiatan bakti sosial kepada awak media, Kapolres Natuna AKBP Nugroho DK juga mengajak kepada seluruh TNI serta masyarakat untuk mengikuti kegiatan Millennial Road Safety Festival pada hari Minggu tanggal 24 Februari 2019 pukul 06.00 wib mendatang di Pantai Kencana Ranai, yang mana kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas guna tercapainya Road Safety To ZERO ACCIDENT.

Sementara, Supriyanto, Ketua RT 01 RW 012 Penagi Kelurahan Bandarsyah mengucapkan terima kasih kepada Polres Natuna yang mana telah memilih Kampung Penagi sebagai lokasi pelaksanaan Bakti Sosial dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019, kita dan warga sudah sangat perduli sampah yang mana dalam hal ini kita warga Penagi sudah melakukan swadaya untuk wadah penampungan sampah rumah tangga dan akhirnya oleh Dinas BLH untuk di angkut ke TPA, dan bahkan petugas dari BLH Natuna telah memastikan pada Senin mendatang akan melaksanakan pengangkutan sampah bagi warga Penagi dan semoga dengan kegiatan ini kita dan warga penagi semakin sadar dan perduli terhadap lingkungan atas sampah”, ungkapnya.

Kegiatan bakti sosial dalam rangka peringatan HPSN 2019 yang dimotori oleh Polres Natuna bekerjasama dengan TNI, Pemerintah Daerah, para siswa – siswi SLTA serta warga Penagi tersebut telah berhasil memindahkan sekitar 2 ton sampah di pantai Kampung Penagi yang langsung diangkat oleh 2 unit truk sampah milik Badan Lingkungan Hidup dan dibawa ke TPA Sebayar.

Setelah usai melaksanakan kegiatan bakti sosial bersih pantai dalam rangka HPSN 209, Kapolres Nugroho DK juga berkesempatan meninjau kegiatan bakti sosial pengobatan masal masyarakat Penagi yang diprakarsai oleh Badan Musyawarah Antar Greja Natuna (Bamag) yang bekerja sama dengan Yayasan Bahtra Surya Baru.

Kegiatan pengobatan masal dan pembagian sembako oleh Bamag Natuna tersebut dilaksanakan di Balai Posyandu Kota Tua Penagi yang mana menurunkan tim Medis yang didatangkan dari Batam oleh dr. Kelvin.