Tribratanews.kepri.polri.go.id – Kampanye Millenial Road Safety Festival yang dilaksanakan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Bintan tidak hanya dilakukan kepada para pengguna jalan saja, namun kegiatan dimaksud juga mengarah kepada kelompok “Generasi Zaman Now” yakni para pelajar yang masih bersekolah di Sekolah Menengah Atas.

Generasi zaman now identik dengan teknologi, peradaban dan tingkah laku yang serba modern, namun cenderung melupakan norma-norma sosial yang telah mengakar selama ini dan menjadi budaya luhur bangsa Indonesia.

Kecenderungan pelanggaran lalu lintas atau kasus laka lantas di wilayah hukum Polres Bintan kerap dilakukan dan terjadi pada kaum generasi muda khususnya kelompok pelajar karena dilatarbelakangi sifat ingin dikenal dan dipuji, jiwa yang cenderung labil serta kurang memperhatikan keselamatan diri dan pengguna jalan lainnya.

Rasa keprihatinan atas kondisi tersebut telah menggugah hati Kepolisian Resor Bintan khususnya Satuan Lalu Lintas dibawah pimpinan AKP Cut Putri Amelia Sari, SIK untuk mengkampanyekan Millenial Road Safety Festival yang dilaksanakan di SMK YKPP Tanjung Uban hari Kamis (17/01/2019).

Dengan didampingi Kepala Sekolah SMK YKPP Tanjung Uban Bpk. Sutarto S.Pd dan pihak majelis guru, Satuan Lalu Lintas yang diwakili oleh Iptu Edison, Kanit Dikyasa Sat Lantas memberikan sosialisasi keselamatan berlalu lintas dikalangan generasi millenial.

Dihadapan para pelajar SMK YKPP yang berjumlah 100 orang, Kanit Dikyasa Sat Lantas menyampaikan pesan-pesan kampanye keselamatan berlalu lintas yang intinya menghimbau, mengajak dan memberdayakan kaum millenial untuk mewujudkan kamseltibcar lantas guna tercapainya Road Safety Festival to Zero Accident.

Iptu Edison juga menambahkan bahwa generasi muda atau millennial agar menyadari dan mengerti akan pentingnya tertib berlalu lintas serta dapat menjadi pelopor ketertiban dan keselamatan berlalu lintas.

“Data dari NTMC Polri menyatakan bahwa 56% dari jumlah korban kecelakaan lalu lintas adalah generasi millennial produktif. Oleh karena itu perlu dibangunnya budaya tertib berlalu lintas khususnya dikalangan generasi millennial” ujar Iptu Edison.

“Dalam sosialisasi ini kami menargetkan peningkatan kualitas keselamatan di jalan raya, terbangunnya budaya tertib lalu lintas dikalangan generasi millennial dan mempererat hubungan antara Polisi Lalu Lintas dengan generasi millennial serta menurunkan tingkat fatalitas korban lakalantas” tutup Iptu Edison.

Diakhir kegiatan seluruh peserta sosialisasi melakukan penandatanganan spanduk kampanye sebagai bentuk dukungan Millenial Road Safety Festival dan pembuatan video deklarasi Generasi Millennial Road Safety menuju Zero Accident.