Tribratanews.kepri.polri.go.id – Maraknya kejadian bencana alam yang melanda Indonesia akhir-akhir ini telah menjadi perhatian serius pihak pemerintah. Kabupaten Bintan yang wilayahnya sebagian besar merupakan lautan dan daerah pesisir kepulauan tidak menutup kemungkinan akan berdampak terjadinya bencana alam dimaksud.

Menyikapi kemungkinan terburuk yang bakal terjadi, Polres Bintan pada hari Senin (14/01/2019) telah melaksanakan Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Alam yang dipimpin oleh Wakapolres Bintan Kompol Dandung Putut Wibowo, SH, SIK, MH dengan melibatkan stake holder yang ada di Kab. Bintan antara lain Basarnas Tanjung Pinang, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Uban dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Bintan, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kab. Bintan serta para Kabag, para Kasatfung dan jajaran Kapolsek Polres Bintan.

Kapolres Bintan melalui Wakapolres Bintan mengatakan bahwa rakor ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang pola tindak apabila terjadi bencana alam di Kab. Bintan.

“Kami mengharapkan adanya sinergitas antar instansi terkait untuk menangani dan menanggulangi apabila terjadinya bencana alam di Kab. Bintan ini dan setiap institusi atau stake holder pastinya sudah memiliki Standar Operasioal Prosedur masing-masing” ujar Wakapolres Bintan.

“Terkait dengan telah dilaksanakannya rakor ini, diharapkan kedepannya kita dapat mengadakan pelatihan penanggulangan bencana, agar setiap pemangku kepentingan mengerti dengan tugas dan kewajibannya masing-masing” sambung Kompol Dandung.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut mendapatkan respon positif dari dari para pemangku kepentingan dan pada prinsipnya masing-masing stake holder telah memiliki unit atau satuan tugas internal yang bekerja membantu dan menangani korban bencana alam serta telah siap sedia apabila dibutuhkan oleh Polres Bintan.

Klik Icon Untuk Sharing