Tribratanews.kepri.polri.go.id – Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho S.I.K, M.T didampingi Pejabat Utama Polres Lingga gelar ngopi bareng bersama seluruh wartawan Kab. Lingga di dua tempat berbeda.

Pelakasanaan ngopi bareng ini dimulai pada hari kamis (25/10) lalu, di kedai kopi goleng bersama para pewarta dabo singkep, dimana dalam kesempatan ini sejumlah informasi dalam daerah maupun luar daerah menjadi topik pembicaraan, salah satu perbincangan yang menjadi topik hangat yakni terkait pembakaran Bendera (Hizbut Tahrir Indonesia) HTI di Garut Provinsi Jawa Barat. Disampaikan Kapolres bahwa kejadian pembakaran bendera HTI tersebut merupakan tindakan spontan dari Banser yang merupakan petugas keamanan pada kegiatan tersebut.

Diterangkan bahwa sebelum kejadian Panitia pelaksana hari santri nasional telah membuat konsignes bahwa bendera yang boleh dibawa peserta apel hanya Bendera Merah Putih. Tidak dibenarkan membawa bendera HTI, ISIS maupun lainnya, namun saat itulah tiba-tiba muncul seorang laki-laki dengan tas hitam di punggungnya mengibarkan bendera yang identik dengan HTI yang merupakan ormas yang sudah dilarang oleh pemerintah.

“Ini merupakan tindakan spontan dari Banser, kejadian ini tidak akan terjadi apabila tidak ada yang membawa bendera selain bendera Merah Putih, dikarenakan sudah jelas konsignes yang telah dibuat. ”  ucap Kapolres.

Selanjutnya dirinya menyampaikan bahwa Polres Lingga berkewajiban dalam menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi di Kab. Garut beberapa waktu lalu, sehingga diharapkan  tidak adanya informasi atau berita yang beredar secara simpang siur di masyarakat Kab. Lingga yang dapat menyebabkan provokasi.

“Perkembangan terhadap terduga pelaku yang membawa bendera HTI saat ini sudah diamankan oleh Polda Jawa Barat bekerja sama dengan Bareskrim Mabes Polri, dan terhadap terduga dikenakan Pasal 174 KUHP” tambah Kapolres.

Masih terkait pembakaran bendera HTI yang terjadi di Garut Jawa Barat beberapa waktu lalu, Kapolres berharap kepada pewarta yang berada di Dabo Singkep untuk berperan serta dalam menyajikan pemberitaan yang memberikan opini positif.

Hal yang sama juga disampaikan kepada para pewarta yang ada di Daik pada saat pelaksanaan ngopi bareng di kedai kopi sawin, Daik Lingga, Jumat (26/10/18)./Ir.Nainggolan.

Klik Icon Untuk Sharing