Tribratanews.kepri.polri.go.id – Polres Natuna menggelar apel dalam rangka Penanggulangan dan Evakuasi Korban Bencana Alam, Selasa, 9 Oktober 2018. Dimana yang bertindak dalam jalannya apel berlangsung dipimpin oleh Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto Sik, memimpin langsung apel pasukan Penanggulangan Bencana Alam, tepat di halaman Mapolres Natuna.

Melihat dari situasi geografis, geologis, dan demokrafis Kapolres Natuna menyampaikan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya bencana diantaranya faktor alam, non alam, maupun faktor manusia yang menyebabkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan sehingga dapat menghambat pertumbuhan pembangunan.

Sesuai Amanat UU no 24 Tahun 2007 perlu dibentuk BPBD. Dengan adanya pembentukan itu, maka Daerah akan mendapatkan dana operasional , dari pusat. “Ini bentuk kepedulian Kita membatu Pemerintah, dalam upaya membentuk BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah),”kata Kaporles Natuna.

Selaku Inspektur apel yang berlagsung Kapolres AKBP Nugroho Dwi Karyanto Sik , menyampaikan pesan “dalam penanggulangan bencana di perlukan satu komando darurat yang cepat, tepat efektif, efisien, terpadu dan akuntabel agar dapat meminimalkan korban jiwa maupun harta benda”.

Apabila Natuna telah memiliki BPBD, tidak menutup kemungkinan akan ada bantuan sarana dan prasarana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Semoga hari ini merupakan tonggak awal dari persiapan dan kesipsiagaan dalam menanggulangi evakuasi korban bencana.

Dikarenakan daerah pesisir yang memiliki letak Geografis , Geologinya dan Tofografinya yang rentan dengan gangguan alam, yang dapat terjadi sewaktu – waktu, sebagai daerah pesisir, diharapkan semua unsur baik TNI, Polri, SAR dan elemen masyarakat lainnya, mesti waspada menghadapi potensi bencana. Peralatan dan personel harus siap siaga, dalam membantu masyarakat, terutama saat evakuasi dan penyelamatan korban.

“Mudah saja di wilayah Natuna tidak ada bencana alam yang melanda daerah Kabupaten Natuna ini ,” harapan Kapolres Natuna

Turut hadir dalam kegiatan Bupati Natuna di wakili oleh Sekda Natuna Wan Siswandi , Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan,SE, Dandim 0318 Natuna Letkol (Inf) Yusuf Rizal , Komandan Yon Komposit I Gardapati Letkol (Inf) Hamad Daud Harahap,Danlanud Raden Sadjad di wakili Kapten (CPM) Eko Setyawan,Dansub POM AD Kapten (CPM) Haryono dan para OPD yang terkait .

Turut dalam barisan ,satu pleton anggota TNI AU, satu peleton TNI AL ,satu pleton TNI AD, satu pleton Sat Dalmas, satu pleton Sat Airud,satu pleton pemadam kebakaran,satu pleton Satpol PP, satu pleton Basarnas,satu pleton Dishub Natuna , satu pleton Dimas Kesehatan , satu pleton FKPPI Natuna , serta masyarakat natuna yang ikut serta dalam gelar apel hari ini, selesai acara apel digelar dilanjutkan untuk sesi poto bersama .

Klik Icon Untuk Sharing