Tribratanews.kepri.polri.go.id – Menjadi seorang Polisi adalah suatu kebanggaan tersendiri buat setiap orang. Tidak hanya untuk diri sendiri bahkan orang orang terdekat kita pun merasa bangga dengan kita. Orang tua, adik, kakak, abang, sepupu, tante, om,bahkan nenek kitapun merasa bangga dengan kita. Tetapi untuk mempertahankan kebanggaan mereka sangat tidak gampang, karena jika kita salah langkah dalam bergerak kita akan mendapatkan saksi bahkan bisa kehilangan profesi kita.

Namun tahukah kamu bahwa bekerja sebagai polisi itu selain mempunyai banyak kelebihan, bekerja sebagai polisi juga mempunyai banyak resiko.

Kelebihan Bekerja Sebagai Polisi:

  1. Bekerja sebagai polisi adalah pekerjaan yang mulia, sebab disamping menjalankan tugas negara polisi juga bertugas melindungi dan mengayomi masyarakat Indonesia. Jadi apabila seorang polisi bekerja dengan penuh keikhlasan dan kejujuran serta mempunyai pribadi yang baik dan agamanya kuat maka pekerjaannya itu akan bernilai ibadah.
  2. Polisi sampai saat ini masih menjadi pekerjaan yang dicita – citakan oleh banyak anak – anak Indonesia. Artinya polisi masih menjadi kedudukan yang tinggi sebagai profesi yang banyak dicari.
  3. Menjadi polisi akan memiliki perasaan yang puas, sebab perjuangan untuk menjadi polisi begitu sulit. Banyak hal dan tes yang perlu dilakukan dan dilewati., banyak yang tidak lulus dan kecewa sehingga apabila anda lulus menjadi polisi maka itu adalah hal yang patut disyukuri.
  4. Gaji seorang polisi insyaAlloh pasti cukup untuk mencukupi segala kebutuhan diri dan keluarga anda. Itu artinya gaji polisi cukup besar kok setara dengan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebab polisi Indonesia juga adalah seorang PNS.
  5. Menjadi seorang polisi masih menjadi kedudukan yang tinggi dan bermartabat didalam masyarakat. Seorang polisi akan lebih dihargai dan dihormati.
  6. Seorang polisi masih menjadi idaman atau dambaan banyak perempuan dan para calon mertua. Itu artinya apabila anda seorang polisi maka sudah dipastikan anda akan mudah dalam mencari jodoh.
  7. Menjadi polisi bisa langsung dari lulusan SMA atau SMK, jadi untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil melalui polisi tidak harus kuliah terlebih dahulu.

Risikonya :

  1. Bahaya mengancam nyawa. Tak sedikit polisi yang luka-luka dan tewas saat menjalankan tugasnya. Hal ini disebabkan karena polisi itu banyak musuhnya terutama para pelaku kejahatan. Ini adalah risiko nyata yang harus dihadapi dari profesi polisi.
  2. Tidak bisa libur seperti pegawai lain. Jika anda menjadi polisi maka anda harus siap untuk bekerja kapanpun dan dimanapun. Hal ini sebab keamanan dan pengamanan tidak mengenal hari libur.
  3. Tidak ada kantor polisi yang libur pada Sabtu dan Minggu. Karena polisi melayani masyarakat otomatis, selalu ada setiap saat. Tak peduli tanggal merah atau libur nasional. Ia memang berkomitmen untuk melindungi masyarakat sehingga harus ada kapan pun. Maka dari itu seorang polisi tidak memiliki jadwal libur yang sama dengan pegawai lainnya. Selain itu beberapa polisi juga tidak bisa mudik. Sebab mereka harus tetap stand by menjaga wilayah agar tetap aman.
  4. Jauh dari keluarga. Banyak polisi yang harus rela hidup berkejauhan dengan keluarganya. Polisi sering mendapat penugasan di luar kota yang kadang bisa membuatnya jauh dari keluarga. Intinya menjadi polisi harus siap untuk ditempatkan dimana saja.
  5. Menjadi polisi harus siap bekerja dengan sistem shift. Berbeda dengan jenis pekerjaan lainnya yang hanya dilakukan pada pagi hingga sore, polisi harus siap siaga 24 jam artinya harus siap bekerja pagi, siang dan malam.
  6. Untuk masuk menjadi polisi cukup sulit. Hal ini disebabkan karena cukup banyak yang berminat untuk menjadi polisi. Sehingga penulis dengar untuk menjadi polisi harus mengeluakan uang yang tidak sedikit jumlahnya. Entah itu benar atau tidak. Teman – teman sendiri yang akan menghadapi.

Itulah sedikit ulasan tentang Kelebihan dan Kekurangan Bekerja Sebagai Polisi. Disamping banyak kelebihannya, bekerja sebagai polisi juga mempunyai berbagai macam resiko. Semoga bermanfaat..

Penulis : Rexi

Editor   : Edi

Publish : Tahang

Klik Icon Untuk Sharing