Tribratanews.kepri.polri.go.id – Pada pelaksanaan pesta demokrasi saat ini tentunya tidak menutup kemungkinan akan muncul dinamika permasalahan yang akan terjadi antara pendukung pasangan calondan simpatisan dari masing-masing  paslon dalam menghadapi permasalahan.

Dalam menghadapi permasalahan tersebut, Polda Kepri telah mempersiapkan langkah-langkah tindak dalam upaya mengantisipasi dan menangani setiap kemungkinan permasalahan yang akan muncul dalam setiap tahapan Pemilu 2019.

Usai melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2018, bertempat di Alun-Alun Engku Putri, personel Polda Kepri memperagakan rangkaian peragaan pengamanan dan penanggulangan kerusuhan masa dalam rangka Pilpres dan Pileg 2019.

Dengan disaksikan langsung Gubernur Kepri, Kapolda Kepri, Pimpinan FKPD Kepri, Wakapolda Kepri, PJU Polda Kepri dan seluruh para tamu undangan yang hadir serta masyarakat setempat.

Dalam rangkaian peragaan pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 dikemas dalam simulasi beberapa adegan dari setiap tahapan Pemilu yang dimulai dari adegan pemeriksaan makanan dan minuman para pasangan calon oleh team food security.

Kemudian adegan sterilisasi team jibom terhadap kendaraan maupun panggung yang akan digunakan unutk kampanye Capres dan Cawapres. Selanjutnya adegan pengawalan VVIP ke lokasi kampanye dibawah pengawalan satgas VVIP Polda Kepri yang terdiri dari team Ditpamovit Polda Kepri dan Ditlantas Polda Kepri.

Selanjutnya rangkaian adegan dari tahapan masa kampanye, masa tenang, tahap pendistribusian lgistik, tahap pemungutan suara dan penghitungan suara, pengambilan hasil pemungutan suara PPS ke KPU.

Hingga adegan peragaan kerusuhan masa yang brutal dan anarkis sehingga terjadilah aksi masa yang mendorong petugas, melempari petugas, merusak fasilitas umum, melakukan pembakaran terhadap kendaraan yang melintas hingga adanya aksi bom bunuh diri oleh masa.

Tapi aksi dari masa dapat diatasi dengan tahapan prosedur sesuai dengan Perkap No.1 Tahun 2009  tentang penggunaan kekuatan Polri. menyaksikan simulasi tersebut para tamu undangan dan seluruh masyarakat yang hadir mengapresiasi kinerja Polri dalam mewujudkan pengamanan Pemilu 2019 yang aman dan damai.

Klik Icon Untuk Sharing