Tribratanews.kepri.polri.go.id – Manfaat minum air putih ternyata bukan hal remeh, seperti yang banyak dikira orang. Manfaat minum air putih adalah untuk mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi.

Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Anda. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan, sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula dengan jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Mengapa Minum Air Jadi Penting?

70 persen tubuh Anda terdiri dari air. Bila kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi, maka tubuh akan menanggung sejumlah konsekuensi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang yang negatif. Dehidrasi yang berkepanjangan misalnya, dapat menyebabkan rheumatoid arthritis, migrain, angina, kolitis, dispepsia, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, tuberkulosis paru, batu ginjal, sinusitis, dan kanker rahim. Agar tubuh Anda terhindar dari penyakit-penyakit serius tersebut, bantu tubuh Anda untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih agar tetap terhidrasi sepanjang hari.

Berapa Takaran Normal agar Tidak Kekurangan Cairan?

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh, yaitu sekitar 20%. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

Untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan, terbilang mudah. Tanda awal yang umumnya dirasakan ketika seseorang kekurangan cairan adalah merasa haus dan urine berwarna lebih gelap dari biasanya.

Gejala lain yang mungkin juga dirasakan ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik yaitu merasa pusing, sakit kepala, mulut, bibir, dan mata terasa kering, buang air kecil dengan jumlah dan intensitas yang jarang, kurang energi, dan kelelahan.

Yang tidak kalah penting, perlu diperhatikan beberapa kondisi dan aktivitas khusus yang membuat tubuh jadi membutuhkan lebih banyak asupan air dibandingkan biasanya, antara lain:

  • Berolahraga atau aktif secara fisik.
  • Mengalami demam, diare, atau muntah-muntah.
  • Cuaca yang sangat panas.
  • Hamil dan menyusui. Wanita hamil disarankan mengonsumsi air sekitar 2,4 liter sehari, sedangkan wanita yang menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter per hari.

Manfaat utama minum air pada perut yang kosong Dilansir dari laman Life Hack, berikut ini adalah 8 manfaat yang akan Anda dapat saat mengkonsumsi air putih ketika bangun tidur dan dalam kondisi perut masih kosong.

1. Membantu Menghilangkan Racun dalam Tubuh Pada malam hari,

tubuh Anda memperbaiki diri dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Saat minum air pada waktu perut kosong di pagi hari, Anda akan membersihkan racun berbahaya ini, dan membiarkan tubuh Anda segar dan sehat. Minum banyak air dapat membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru.

2. Meningkatkan Metabolisme Minum air putih pada perut kosong bisa meningkatkan tingkat metabolisme Anda setidaknya 24 persen.

Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang sedang melakukan diet ketat. Tingkat metabolisme yang meningkat berarti sistem pencernaan yang lebih baik. Anda akan bisa mengikuti rutinitas diet Anda lebih mudah jika pencernaan Anda lebih cepat menyerap nutrisi.

3. Mencegah Kenaikan Berat Badan Saat Anda minum air putih di pagi hari ketika perut kosong,

Anda akan melepaskan semua racun dan ini akan memperbaiki sistem pencernaan Anda. Anda akan merasa tidak terlalu lapar dan hasrat Anda untuk makan akan berkurang. Hal ini akan mencegah kenaikan berat badan akibat makan berlebih.

4. Mencegah Gangguan Pencernaan Gangguan pencernaan disebabkan oleh meningkatnya keasaman di perut.

Bagi penderita sakit maag, yang akan dirasakan adalah asam lambung kembali ke kerongkongan Anda. Namun, saat Anda minum air putih dengan perut kosong, asam ini bisa ditekan dan diencerkan sehingga bisa mencegah asam lambung Anda naik.

5. Kulit Menjadi Lebih Sehat Dehidrasi menyebabkan keriput dini.

Ditemukan dalam sebuah studi bahwa minum 500 ml air pada saat perut kosong meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit bersinar. Selain itu, minum lebih banyak air sepanjang hari berarti tubuh Anda semakin banyak mengeluarkan racun, yang akan membuat kulit Anda lebih bercahaya.

6. Baik untuk Pertumbuhan Rambut Dehidrasi bisa berdampak serius pada pertumbuhan rambut Anda. Minum banyak air memberi nutrisi pada rambut Anda dari dalam hingga luar. Air membentuk hampir seperempat dari berat untai rambut. Asupan air yang tidak mencukupi bisa menyebabkan rambut rapuh dan helai rambut tipis. Anda harus minum lebih banyak air setiap hari, minum air putih dengan perut kosong bisa meningkatkan kualitas rambut Anda sampai tingkat yang lebih tinggi.

7. Mencegah Batu Ginjal dan Infeksi Kandung Kemih Minum air putih segera setelah bangun sangat penting untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Ini adalah fakta bahwa minum air putih pada perut kosong mengencerkan asam yang menyebabkan batu di ginjal. Semakin banyak air yang Anda minum (sampai batas yang sehat), semakin Anda akan terlindungi dari berbagai jenis infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh toksin.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Minum air putih pada perut kosong membantu menyeimbangkan sistem limfatik yang menyebabkan peningkatan tingkat imunitas. Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan membuat Anda aman dari berbagai penyakit dan mencegah Anda jatuh sakit.

Penulis : Rexi

Editor   : Edi

Publish : Tahang

 

Klik Icon Untuk Sharing