Tribratanews.kerpi.polri.go.id/Polres Natuna.- Menghadapi pengamanan Idul Fitri 1439 H, Kepolisian Resor Natuna  pagi tadi  melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Seligi 2018 di Lapangan Mapolres Natuna, Rabu (6/6/2018) pagi.

Kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1439 H tahun 2018 ini bersandikan Operasi Ketupat Seligi 2018 dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seligi 2018, Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1439 H”.

Adapun yang bertindak sebagai Pimpinan Apel Bupati Natuna Drs. H. A Hamid Rizal M.Si, selaku Komandan Apel Kasat Tahti Polres Natuna Ipda Khairul dan Perwira Apel Kabag Ops Polres Natuna Kompol Elfizar Dengan peserta Apel terdiri dari 1 pleton Gabungan PM dan Provos, 1 kompi TNI AD , 1 pleton TNI AL, 1 pleton TNI AU, 1 pleton Sat Sabhara dan Sat Polairud, 1 pleton Gabungan Staff, pleton Sat Lantas,  1 pleton gabungan Satintelkam, Sat Reskrim dan Sat Narkoba,1 pleton Satpol PP Kab. Natuna,1  pleton Dishub Kab. Natuna,1  pleton Basarnas,1 pleton Dinkes Kab. Natuna.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Natuna Drs. H. A Hamid Rizal M.Si,  membacakan amanat Kapolri dalam Ops Ketupat Seligi 2018 menjelaskan Operasi kepolisian terpusat ini dilaksanakan diseluruh jajaran Polda secara serentak, selama 18 hari mulai 7-24 Juni 2018 dengan melibatkan 173.397 personel terdiri dari unsur TNI-Polri, Pemerintah Daerah, seperti Dishub, Damkar, Satpol PP instansi terkait lainnya  dengan 1609 Pos Pam dan 643 Pos Yan.

“Pelaksanaan Ops Ketupat Seligi 2018 didukung oleh TNI serta stakeholders lainnya dalam hal ini Kemenhub, Kemenpupera, Kemenkes, Pertamina dan Kemenkes untuk menjamin kelancaran arus mudik dan arus balik” ucap Bupati Natuna Membacakan amanat dari Kapolri

Selain itu Beberapa ancama, tantangan, hambatan dan yang perlu diantisipasi adalah masih adanya potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok serta konflik dalam kehidupan masyarakat terkait perayaan hari Raya Idul Fitri seperti aksi sweeping ormas

Untuk menjamin ketersediaan dan stabilitas harga sembako Polri bersama Kementan, Kemendag, Kemenperin, Badan POM, KPPU dan Perum Bulog telah melaksanakan langkah-langkah preentif secara sinergis guna mencegah terjadinga permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan bahan pokok.

” Petakan seluruh potensi kerawanan wilayah seperti pusat perbelanjaan dan lokasi2 keramaian agar meningkatkan kewaspasdaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional dengan melakukan pengawasan dan pengamanan dengan senjata api lengkap dan terus bekerja sama dengan TNI maupun stakeholders lainnya” jelasnya

Sebagai tandanya dimulainya Operasi kemanusiaan Ops Ramadniya Seligi 2017 Ini dilakukan dengan ditandainya dengan penyematan Pita.

selain itu menanggapi amanat dari Kapolri terkait dengan 4 Potensi kerawanan tersebut tentang stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan, permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik, ancaman tindak pidana terorismepotensi bencana alam dan gangguan kamtibmas lainnya Kapolres Natuna Akbp Nugroho Dwi Karyanto Menjelaskan bahwa untuk 4 potensi kerwanan yang akan terjadi di Wilayah Kab Natuna masih bisa di prediksikan aman.

“untuk prediksi kita sampai saat ini alhamdullilah aman, untuk natuna walaupun dalam pemahaman yang sudah terjadi masih aman namun kita sebagai aparat kepolisian kita tidak boleh melakukan underestimet dengan tetap mengantisipasi kesiapsiagaan apabila benar benar terjadi kita bisa melakukan tindakan yang profesional.” ucap Kapolres Natuna pada saat wawancara bersama Media Online.

Hadir dalam giat tersebut Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S.IK, Danlanud Raden Sadjad Natuna Kolonel Pnb Prasetia Halim, Dandim 0318 Natuna Letkol Inf Yusuf Rizal, S.Sos, Danlanal Natuna Kolonel Laut (P)Harry Setyawan, SE, Sekda Kab. Natuna Bpk. Wan Siswandi, S.Sos, Kasatpol PP Natuna Bpk Dodi Nuyadi serta FKPD, SKPD dan PJU Polres Natuna.

Penulis: Cris Sihombing

Editor  : Tahang

Publish: Cris Sihombing

Klik Icon Untuk Sharing