Tribratanews.kepri.polri.go.id-Polres Natuna/Biddokes Polda  Kepri yang  dipimpin oleh Paur I Subidkespol Polda kepri IPDA Dr.Leo.spF yang didampingi oleh ASN Drg.Eka Maria SST,Dini Amkeb dan Bripda Putri Wahyuni biddokes Polda Kepri melaksanakan Medical Check Up (pemeriksaan kesehatan )berkala bagi anggota Polres Natuna dan Polsek jajaran di Ruang PPA Satreskrim Mapolres Natuna. Selasa pagi (20/02/2018)

Medical Check Up ini merupakan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk mengetahui status kesehatan orang tersebut,bukan untuk mengobati penyakit orang tersebut .

Kegiatan Rikesla yang dilakukan oleh Biddokes Polda kepri di Polres natuna ini dilaksanakan dalam 1 tahun sekali sebanyak 105 Personil Polres Natuna untuk mengecek kesehatan seluruh Anggota polri maupun PNS Polri terkhususnya  seperti yang telah dilaksanakan di Mapolres Natuna ini.

Menurut Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto SIK, melalui Kabag Sumda Polres Natuna Kompol Zuljufri , yang mendampingi tim rikkesla dari Biddokes Polda kepri ini mengatakan pemeriksaan kesehatan berkala di Polres Natuna adalah dalam rangka memelihara dan meningkatkan kesehatan personel Polri untuk mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian.

“Jadi tujuannya adalah untuk deteksi dini terhadap berbagai jenis penyakit atau kelainan kesehatan, sehingga dapat sesegera mungkin diambil tindakan medis,” ujarnya.

Selain itu juga untuk memantau kondisi kesehatan anggota Polri guna pemeliharaan, perlindungan dan pembinaan dalam mencegah serta mengurangi penyakit degeneratif yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas.

” dalam pengecekan kesehatan berkalakan akan ini dilakuakan dengan 3 Intensif , intensif 1 untuk yang berumur 40 tahun keatas, intensif ke II untuk yang berumur 30-40 tahun dan intensif ke III 20- 30 tahun ” Tutup nya.

Dijelaskan juga oleh Paur I Subidkespol Polda kepri IPDA Dr.Leo.spF yang memimpin pelaksanaan Medical Check Up ini, pemeriksaan kesehatan berkala ini dimulai tahapan pendaftaran bagi anggota, kemudian pemberian formulir, pengambilan sample darah dan urine, pengecekan fisik seperti tinggi badan dan berat badan, observasi tanda-tanda vital seperti cek tekanan darah dan nadi, pengecekan EKG, observasi treadmill, pengecekan ontodogram dan terakhir pengisian pertanyaan dalam therapy kesehatan jiwa.

“Apabila nantinya dalam hasil pemeriksaan diketahui ada anggota Polri yang menderita penyakit tertentu, akan diberikan penjelasan dan diserahkan kepada pihak BPJS selaku pihak penjamin untuk selanjutnya dilaksanakan upaya perawatan dan penyembuhan,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut tampak juga Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto SIK sangat antusias ikut melaksanakan pengecekan Kesehatan berkala tersebut.

“kegiatan rikesla ini sangat baik dan bermanfaat apalagi ini sudah dianggarkan dari Biddokes polda kepri, jadi kita laksanakan saja, kalau kita melakukan pengecekan medical check up sendiri di Batam harganya sangat mahal, jadi bersyukur kita ada kegiatan begini” Pungkas Kapolres Natuna

Penulis : Cristian E.S

Editor  : Tahang

Publish : Cristian E.S

Klik Icon Untuk Sharing