Tribratanews.kepri.polri.go.id – Pemandangan yang tampak berbeda kali ini ada di Dermaga Satpolairud Polres Lingga di Jagoh, terlihat Personil Satpolairud yang dipimpin Kasatpolairud Polres Lingga AKP P. Tarigan, S.H  melatih para Bhabinkamtibmas untuk dapat mengoperasionalkan serta mampu merawat Speedboat Bhabinkamtibmas yang telah diterima dari Baharkam Mabes Polri, Kamis (11/1).

Pemandangan ini adalah Pelatihan Operator dan Navigasi Speedboat, dimana pelatihan ini berlangsung selama tiga hari yang  dibuka pada hari Selasa oleh Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi, S.I.K, M.H. Hari ini adalah hari terakhir pelaksanaan pelatihan tersebut.

Kasatpolairud Polres Lingga AKP P. Tarigan, S.H menjelaskan dihari terakhir ini para peserta pelatihan diajarkan cara sandar Speedboat ke dermaga ataupun kapal yang menjadi sasaran, tali temali serta melepaskan tali dan Speedboat dari posisi sandar. Disamping itu peserta juga diajarkan cara merawat dan mengatasi troublle mesin ketika berada dilaut.

“Diharapkan para peserta dapat mengimplemasikan apa yang telah diperoleh selama pelatihan berlangsung sehingga diharapkan dapat lebih optimal dan semakin bersemangat dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya masyarakat pesisir yang tersebar di Desa binaan masing masing Bhabinkamtibmas”,tambahnya.

Walaupun hanya dengan waktu yang singkat para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut dan mampu memahaminya dengan baik.

Terbukti, Salah satu peserta Bhabinkamtibmas Desa Jagoh BRIGADIR Arto Simanjuntak terlihat mengoperasionalkan Speedboat Bhabinkamtibmas di hari ketiga pelatihan tersebut.

Kemajuan ini bukan semudah yang dibayangkan, butuh kerja keras, semangat dan keikhlasan hati sehingga mampu mengoperasionalkannya.

Selama 3 hari para Bhabinkamtibmas di gembleng dari pagi hingga sore untuk memastikan mereka mampu menguasai, merawat, dan mengoperasionalkan Speedboat tersebut.

BRIGADIR Armen fizuma selaku Instruktur dalam pelatihan ini mengatakan untuk dapat mengoperasionalkan Speedboat terlebih dahulu harus menanamkan 3 prinsip dasar yaitu Niat, Keberanian, dan Tanggung Jawab.

3 prinsip tersebut nantinya harus melekat pada operator Speedboat, karna apabila salah satu dari 3 prinsip itu hilang maka sama saja dengan mencelakakan diri sendiri maupun orang lain, tutupnya.

 

Ir. Nainggolan/Eki LG

Klik Icon Untuk Sharing