Tribratanews.kepri.polri.go.id –  Kabaharkam Polri mengunjungi Polda Kepri dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja dan tatap muka bersama para Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Kepri pada Kamis (14/12) siang di Mapolda Kepri.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, MH mewakili Kapolda Kepri dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Kabaharkam Polri beserta rombongan.

Wakapolda Kepri menjelaskan Sebagai tindak lanjut, Gubernur Kepulauan Riau telah menerbitkan surat keputusan gubernur kepri nomor : kep/226/ii/2017 tanggal 28 februari 2017 tentang tim kepanitiaan khusus dan pantia pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pengawasan dana desa provinsi Kepulauan Riau tahun 2017.

Maka para Bhabinkamtibmas diberi tugas dan tanggung jawab serta dipercayakan untuk mengawal dana desa se-provinsi Kepulauan Riau dari 275 desa hanya 120 bhabinkamtibmas Sesuai dengan sasaran pembangunan, peran dan kemitraan secara profesional dan bertanggung jawab.

Wakapolda Kepri  mengatakan semoga pembekalan dari Kabaharkam Polri diharapkan juga dapat menjadi penengah yang baik bagi masyarakat, pemahaman bahwa mengawal dana desa tidak mungkin di lakukan sendiri. Apabila dana desa tidak dikelola sesuai dengan regulasi dan tidak adanya pengawasan dari berbagai elemen, mengingat potensi korupsi sampai ketingkat desa semakin besar sehingga pengawasan merupakan collective action.

Ditbinmas Polda Kepri telah membuat buku saku petunjuk pengawalan dana desa sebagai petunjuk dan pegangan para bhabinkamtibmas dalam mengawal anggaran dana desa dalam jajaran polda kepri.

Selain itu Ditbinmas Polda Kepri juga telah mempunyai terobosan kreatif yang dilaksanakan bersama jajaran yaitu Pelayanan penerbitan perpanjangan KTA satpam yang berada di mall pelayanan publik subditsatpam / polsus ditbinmas polda kepri, Kegiatan gerai kamtibmas di polres karimun berupa ngopi qbareng dengan tokoh masyarakat, Kegiatan perpustakaan keliling oleh bhabinkamtibmas di polres natuna dengan menggunakan kendaraan pribadi, dan adanya blusukan oleh srikandi polres natuna, Kegiatan mou kepada organisasi kepemudaan sebanyak 32 kali, dengan demikian hubungan antara polda kepri dengan pemerintah / lembaga masyarakat dapat selalu diterima dan Pelaskanaan kegiatan door to door system (dds) sebanyak 3.416 kali dalam tahun 2017 dan problem solving sebanyak 720 kali.

Sarana dan prasarana kendaraan roda 2 untuk bhabinkamtibmas telah diterima sebanyak 220, dan roda 4 yang di peruntukan untuk penertiban dan penyuluhan sebanyak 4 unit, di tinjau dari kondisi geografis kepulauan riau yang meliputi berbagai pulau dan lautan maka sangat di butuhkan sarana transprotasi laut untuk dapat menunjang pelaksanaan tugas bhabinkamtibmas yang bertugas di kepulauan.

Kabaharkam Polri kemudian memberikan penghargaan kepada Bhabinkamtibmas atas dedikasi dan loyalitas terhadap kepentingan masyarakat.

Penghargaan tersebut diberikan kepada 5 orang anggota Bhabinkamtibmas yang berprestasi yakni Bripka Jumakir Bhabinkamtibmas Tanjung Sengkuang Polsek Batu Ampar, Brigadir Romi Zona, SH Bhabinkamtibmas Teluk Sasa Bintan, Brigadir Teddy Saputra Bhabinkamtibmas Kelurahan Kijang Kota Bintan, Bripka Arferi Bhabinkamtibmas Kelurahan Air Raja Tanjungpinang dan Bripka Samson Rihat Tarigan Bhabinkamtibmas Kelurahan Darrusalam Polres Karimun.

Penulis : Yolan

Editor : Edi

Publish : Tahang

Klik Icon Untuk Sharing