Kenakalan remaja (anak di bawah umur) yang berpotensi melakukan tindak kejahatan dan pidana perlu mendapat perhatian lebih dari semua pihak untuk menangani permasalahan sosial tersebut. Seringnya terjadi kasus kejahatan yang dilakukan oleh anak dibawah umur seperti penjambretan, pencabulan, pencurian, curanmor, bahkan sampai percobaan pembunuhan, perlu mendapatkan perhatian Khusus.

Oleh karena itu, peran orang tua untuk lebih optimal dalam memberikan pengawasan terhadap putra/putrinya harus lebih ditingkatkan, agar perilaku anak condong ke kegiatan positif. Peran Pendidikan dalam lingkungan sekolah juga tidak lepas dari kenakalan remaja. Sekolah sebagai lingkungan kenakalan kedua sebagai tempat pembentukan anak didik memegang peranan penting dalam membina mental, agama pengetahuan dan ketrampilan anak-anak didik.

Kesalahan dan pergaulan di lingkungan sekolah yang salah bisa menyebabkan adanya peluang untuk timbulnya kenakalan remaja. Awalnya hanya kumpul-kumpul sama temen yang bandel, lama-lama ikut bandel sama-sama. Perbaikan lingkungan dan kondisi sosial perlu bagi remaja, kata dia, karena seumur remaja masih mencari jati dirinya tanpa di pikirkan sebab akibat apa yang mereka lakukan.

Polisi meminta untuk peran orang tua dan guru di sekolah untuk memberikan pengaruhan yang bisa mendorong ke hal lebih positif. Semua Stake Holder dan masyarakat turut membantu dalam menciptakan situasi Kamtibmas di Kepri. Segera laporkan kepada pihak berwajib jika ada yang mencurigakan atau ada unsur tindak pidana.

Perkumpulan anak-anak remja di tempat tongkrongan dapat memberikan perilaku kurang baik seperti warnet bisa membawa hal yang negatif. Kalau sudah kumpul mereka berani dan mulai iseng mencari masalah dengan mengganggu orang yang lewat. Bermain dan berkumpul-kumpul di warnet juga bisa memicu tindak kriminal, oleh karena itu kita berusaha semaksimal mengingatkan mereka kembali, serta meminta para orang tua untuk mengawasi anak-anak mereka.

Polisi bersama perangkat masyarakat juga akan melakukan kerja nyata dengan aksi-aksi remaja yang kerap merugikan orang lain, seperti Balap liar dan kumpul di warnet yang dapat menganggu keamanan masyarakat.

penulis : Andi S

Editor : Edi S

Penerbit : Yolan

Klik Icon Untuk Sharing